Minggu, 12 Desember 2010

Suka Duka Mengikuti Ujian Semester


M
ulai tanggal 7 desember kemarin, aktivitas siswa siswi man 3 malang berubah drastis. Siswa yang biasanya "RAME AE" kini duduk diam dengan buku di tangannya. Mencermati setiam detail pelajaran yang ada di dalamnya. Berusaha mengingat ingat apa yang bapak ibu guru ajarkan kepadanya. Ya, man 3 malang sedang mengadakan ujian semester ganjil, sehingga para siswa berusaha memperoleh nilai yang tebaik dengan mereview pelajaran -pelajaran yang telah diajarkan.
Agak berbeda dengan ujian semester ganjil yang lalu. Ujian semester ganjil kali ini diadakan pada awal bulan desember. Sedangkan ujian yang lalu diadakan pada akhir bulan desember atau awal bulan januari. Hal ini menyebabkan beberapa guru mata pelajaran kebingungan dikarenakan materi yang diajarkan belumlah selesai.
Satu minggu sebelum ujian berlangsung, kegiatan belajar mengajar menjadi seperti megendarai pesawat sukhoi yang memiliki kecepatan melebihi kecepatan suara, cepat sekali. Beberapa dari para guru memberikan penjelasan singkat mengenai pelajaran yang belum terselesaikan materinya dan menyuruh para siswa untuk belajar mandiri pelajaran tersebut.
Sementara itu pada saat ujian berlangsung, para siswa terlihat kebingungan  menghadapi soal-soal ujian. Mungkin mereka kurang belajar. Atau memang mereka tidak faham sedikitpun materi yang diajarkan dikarenakan sempitnya waktu belajar mereka. Namun pada saat ujian tik berlangsung, para siswa terlihat sangat pd untuk mengerjakan soal solanya. Banyak dari mereka keluar dari ruang ujian dengan senyum yang merekah.....heheehehe.... Mungkin karena ingat ingat pak gusti ya....???? Yang senyumnya merekah terus....
Bak petir menyambar di siang bolong,,, hari ini hari senin tanggal 13 desember 2010.... Senyum yang kemarin merekah menjadi layu yang menyebabkan hujan ( baca sedih)di hati para pendengarnya. Nilai ujian semester tik telah di umumkan. Hasilnya... Hancur,hancur,hancur (pake logat upin ipin). Dari sekian ratus siswa, yang lulus ujian tik bisa dihitung dengan jari tagan+kaki...hehehe. Kata pak gusti,,,soalnya gampang2 tapi ko masih banyak yang remidi ya????. Jawabku"ya tergantung iman dan takwa nya pak.... Heheehe".
Hasil tersebut adalah hasil kita dalam belajar setengah tahun. Mungkin kita kurang memperhatikan ketika guru sedang mengajar. Mungkin kita kurang belajar. Dan juga munngkin kita kurang dalam berdoa kepada allah. Dengan hasil tersebut kita harus meng introspeksi diri apakah kekurangan kita sehungga pada kedepannya kita tidak terulang kembali.. Sebelumnya aku ucapkan selamat bagi teman teman yang lulus ujian tik ini. Semoga prestasi kalian semakin meningkat. Dan bagi teman teman yang masih belum lulus, kerjakan tugas dengansebaik baiknya. Semoga kejadian ini tidk terulang kembali pada semester mendatang. Amin....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar